Donnarumma dan Verratti Tidak Lagi Diprioritaskan Juventus

giuseppe marottaJuventus dalam dua musim terakhir menjadi salah satu tim yang agresif di bursa transfer pemain. Si Nyonya Tua terkenal royal dalam melakukan kegiatan belanja pemain. Hal tersebut terlihat dari jendela transfer musim panas tahun 2016 lalu, di mana mereka menghabiskan dana sebesar 191 juta euro yang merupakan rekor transfer terbesar Juventus sepanjang satu musim.

Salah satu pemain yang mereka rekrut saat itu adalah Gonzalo Higuain, di mana mereka merogoh kocek hingga 90 juta euro untuk mendatangkannya dari Napoli. Higuain juga menjadi pemain termahal yang pernah dibeli sepanjang sejarah Juventus. Di musim panas ini, beberapa kabar mengenai transfer pemain pun telah dikaitkan dengan Juventus. Dua nama besar yang dikaitkan dengan Juventus pada jendela transfer adalah Marco Veratti dan juga Gianluigi Donnarumma.

Media-media Italia belakangan ini telah mengabarkan bahwa Juventus rela menggelontorkan dana yang besar demi mendapatkan tanda tangan kedua pemain menjanjikan tersebut. Mengenai Donnarumma, general manager yang juga bertanggung jawab atas transfer pemain, Giuseppe Marotta, memiliki keyakinan bahwa Juventus bisa saja mendatangkan kiper muda berbakat tersebut menyusul gagalnya perpanjangan kontrak yang ditawarkan AC Milan kepadanya. Namun ia juga menyatakan bahwa saat ini bukan menjadi saat yang tepat untuk menariknya ke Juventus/

Alasannya sederhana, yaitu karena Donnarumma dianggap masih belum membuktikan bahwa dirinya adalah pemain yang sudah matang dan bermental juara. “Apakah kami memiliki kesempatan untuk mendatangkan Donnarumma ke Juventus? Tentu saja Juventus akan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada,” ungkap Moratta.

“Jika ada seorang pemain hebat yang dijual oleh klubnya, kami tentunya akan mencoba untuk menawarkan kontrak untuk bermain di Juventus. Tapi apakah kemudian kami akan berusaha untuk mencari cara agar pemain tersebut berminat untuk barmain di Juventus Stadium? Saya rasa tidak untuk saat ini. Memang dia adalah penjaga gawang yang berbakat, tapi kami dapat melihat apakah seorang pemain memiliki bakat atau pemain tersebut memang pemain juara, dan kami tahu cara membedakannya,” imbuhnya lagi.

Kemudian Marotta juga sempat memberikan pendapatnya mengenai kasus Donnarumma dan pihak AC Milan. Ia berkata bahwa pada jaman sekarang dunia sepakbola memang membuat para klub memasang tarif yang mahal untuk pemain-pemain muda mereka.

“Situasi seperti ini membuat berbagai klub kesulitan. Klub-klub tersebut mengalami perubahan mengenai pandangan mereka terhadap pemain yang masih muda, dimana mereka memiliki pemain professional dengan karir cemerlang di hadapan mereka, bahkan menarik minat klub-klub lain untuk merekrut mereka. Dan itu merupakan sebuah fakta,” ujarnya seperti yang dilansir dari Football Italia.

“Beberapa aturan harus ditinjau ulang dan dirubah. Klub-klub sendiri juga sebaiknya mengamankan pemain tersebut sejak mereka masih berada di akademi.”

Sedangkan mengenai gosip kepindahan Marco Veratti ke Juventus, Moratta menyatakan bahwa hal tersebut tidak akan terjadi. Alasan Juventus untuk tidak menawarkan kontrak bagi gelandang Paris Saint Germany karena Juventus telah membuat berbagai kebijakan baru mengenai strategi transfer mereka mulai musim panas ini. Hal tersebut juga menjadi alasan mengapa Corentin Tolisso tidak jadi menginjakkan kaki di Juventus Stadium.

“Berdasarkan berbagai evaluasi yang dilakukan secara teknikal dan juga dari segi investasi, kami memutuskan bahwa Marco Veratti bukan target yang menarik untuk kami. Kami juga telah memutuskan untuk tidak membelanjakan 100 juta euro untuk pemain tersebut,” ungkap Moratta. “Sedangkan yang terjadi pada Higuain musim lalu merupakan hal yang tidak sama, dengan perubahan yang terjadi di musim panas ini maka kami tidak akan melakukan strategi transfer yang sama. Di bursa transfer pemain musim panas ini kami telah melakukan evaluasi besar-besaran.”

Selain itu Moratta juga sempat memperjelas beberapa kabar transfer Juventus yang pernah terdengar seperti Douglas Costa dan juga Andreas Iniesta.

“Kami merasa berterima kasih pada Bayern karena telah memberikan kami kesempatan untuk berbicara dengan agen dari Douglas Costa, untuk melakukan konfirmasi mengenai kemungkinan pemain tersebut bergabung dengan Juventus. Sayangnya mereka hanya akan melepas pemainnya dengan harga yang mereka tentukan dan kami harus segera setuju dengan keputusan tersebut,” beber Moratta. “Andreas Iniesta? Pemain tersebut terlalu sulit untuk ditawar dan juga riskan, pada intinya ada beberapa batasan yang tidak bisa kami lewati.”