Profil Antonio Valencia, Manchester United

Luis Antonio Valencia Mosquera, atau yang lebih dikenal sebagai Antonio Valencia, adalah seorang pemain sepakbola profesional yang sekarang bermain sebagai sayap kanan di Manchester United. Selain itu, ia juga merupakan seorang bek kanan dari timnas Ekuador.

Antonio Valencia sendiri memulai karirnya di klub bernama El Nacional. Di sana, ia sempat bermain di tim muda U-20 dan berhasil memberikan performa yang luar biasa. Kemenangannya dalam pertandingan terkahirnya bersama El Nacional pun akhirnya mampu membuatnya dilirik oleh klub asal Spanyol, Villareal.

Pada 2005, Antonio Valencia bergabung dengan Villarreal. Namun, Valencia diketahui gagal untuk memasuki tim inti. Hal ini pun berujung pada peminjaman Valencia kepada klub bernama Recreativo untuk mengumpulkan pengalaman sebelum nanti kembali ke Villarreal. Tak disangka, performa Valencia sangat bagus selama berada di Recreativo. Ia bahkan berhasil membawa klub agen sbobet tersebut masuk ke La Liga.

Setahun setelah debutnya bersama Recreativo, tepatnya pada 3 Agustus 2006, Valencia akhirnya masuk ke ranah Liga Premier dengan bergabung dengan salah satu klub asal Inggris, yakni Wigan Athletic. Walaupun saat itu statusnya hanya sebagai pinjaman sealam setahun, Valencia memberikan penampilan yang cukup menawan.

Debutnya bersama Wigan Athletic memang tidak berakhir baik. Pada pertandingan pertamanya, yakni pada 19 Agustus 2006, Wigan mengalami kalah tandang dari Newcastle United. Meski begitu, Valencia tak patah semangat. Ia berhasil mencetak gol pertamanya bersama Wigan Athletic pada pertandingan kandang melawan Manchester United pada 21 Oktober 2006. Pertandingan tersebut menghasilkan skor yang cukup membahagiakan bagi Wigan, yakni kemenangan telak 4-0 atas MU.

Setelah 3 bulan absen, Valencia kembali turun ke lapangan dalam pertandingan antara Wigan Athletic melawan Everton. Sayangnya, pertandingan tersebut berakhir dengan kekalahan. Selanjutnya, pada 9 April 2007, Valencia menerima kartu merah pertamanya saat berada di Wigan. Pada pertandingan melawan Aston Villa tersebut, Valencia melakukan pelanggaran dua kaki dan langsung menerima kartu merah dan keluar dari lapangan.

Kontrak Valencia dengan Wigan Athletic pun diperpanjang pada musim 2007-08. Di musim itulah Valencia bertanding di cukup banyak laga. Salah satu laga yang membawa namanya adala laga kemenangan melawan Derby County pada 23 Februari 2008. Selanjutnya, Valencia juga mencetak hat-trick pertamanya saat melawan Aston Villa pada 3 Mei 2008.

Keanggotaannya bersama Wigan Athletic memang penuh dengan berbagai peristiwa. Selain mencetak hat-trick pertamanya, Valencia juga menerima kartu merah kembali saat bertanding melawan Liverpool pada 18 Oktober 2008. Meski begitu, hal ini tidak terlalu berpengaruh pada karir Valencia di Wigan Athletic. Selama musim itu, Valencia juga diketahui telah menolak kesempatan untuk bergabung bersama Real Madrid pada Januari 2009. Tak lama berselang, ia pun menderita cedera harmstring dan pihak klub menyatakan bahwa mereka tidak menahan Valencia sama sekali jika ia ingin pindah ke klub lain. Pernyataan ini, mungkin selain untuk melepas Valencia, mungkin sebagai bantahan atas isu penahanan yang membuat Valencia menolak kontrak dengan Real Madrid pada Januari tahun itu.

Pada 30 Juni 2009, Valencia akhirnya resmi bergabung dengan Manchester United. Lalu pada 29 July 2009, ia memulai debut pertamanya melalui pertandingan melawan Boca Juniors, di mana ia juga mencetak gol pertamanya di Manchester United. Selama di Manchester United inilah banyak gol-gol yang diciptakan oleh Valencia, salah satunya adalah gol perdana di 2009 FA Community Shield saat melawan Bolton Wanderers, walau pada pertandingan itu ia merupakan pemain pengganti untuk Nani yang mengalami cedera di menit ke-62.

Di musim 2011-12, karir Valencia pun kian melejit. Selain diketahui aktif sebagai assist bagi Wayne Rooney yang saat itu merupakan penyerang andalan Manchester United, ia juga mencetak beberapa gol yang dinilai fenomenal. Salah satu gol terbaiknya adalah gol pertamaya di musim tersebut, di mana ia melakukan tembakan jarak jauh dari tengah lapangan setelah menerima umpan dan berhasil mengukuhkan kemenangan Manchester United atas Aldershot Town. Hingga kini, Valencia masih berada di Manchester United. Ia juga diketahui masih aktif bermain di timnas Ekuador.