benjamin mendy pemain MU

Profil Benjamin Mendy, Manchester City

Nama Benjamin Mendy sudah menjadi tidak asing lagi bagi publik sepakbola Prancis setidaknya untuk beberapa tahun terakhir ini. Pemain yang pada musim lalu memperkuat jawara Ligue 1, AS Monaco ini telah berkiprah dalam kompetisi sepakbola Prancis sejak tahun 2011. Kala itu, Mendy yang masih berusia 17 tahun, memperkuat tim Ligue 2, Le Havre. Di Le Havre, Mendy bermain selama 2 musim kompetisi sebelum diboyong oleh tim papan atas Liga Prancis, Olympique de Marseille.

Di Marseille, Mendy langsung mendapatkan kesempatan bermain yang sangat banyak. Pada musim pertamanya, Mendy bermain untuk 30 pertandingan Marseille dengan menorehkan 2 gol. Ia menjadi andalan Marseille di posisi bek sayap kiri. Pemain kidal ini pun bertahan 3 musim di Marseille dan mengoleksi 101 penampilan di semua kompetisi dengan mencatatkan total 3 gol.

Pada 22 Juni 2016, rival Marseille di Ligue 1, AS Monaco mengumumkan secara resmi kedatangan Benjamin Mendy ke Stadion Louis II, markas AS Monaco. Mendy menandatangani kontrak selama 4 tahun bersama tim berjuluk Les Rouges et Blancs.

Pemain yang dilahirkan pada 17 Juli 1994 di Lonjueau, Prancis ini langsung mendapatkan musim yang luar biasa bersama AS Monaco. Pada musim pertamanya, musim 2016/2017, Benjamin Mendy langsung mencicipi gelar juara Ligue 1. Ia dan timnya berhasil menghancurkan hegemoni liga Perancis yang selama beberapa tahun terakhir ini dipegang oleh tim asal ibu kota, Paris Saint-Germain. Tidak hanya itu, musim 2016/2017 ini juga dilaluinya dengan turut melenggang ke babak semifinal kompetisi paling bergengsi di Eropa, Liga Champions. Sayangnya, AS Monaco harus bertemu dengan lawan berat, Real Madrid yang belakangan menjadi kampiun Liga Champions, sehingga Mendy harus menunda impiannya bermain di partai final. Pada akhir musim 2016/2017, Benjamin Mendy mengoleksi 39 kesempatan bermain dengan mencatatkan torehan 1 gol.

Performa gemilang Benjamin Mendy di AS Monaco inilah yang kemudian menarik minat pelatih Manchester City, Pep Guardiola untuk menggunakan jasa pemain berkaki kidal itu dalam mengarungi derasnya Premiere League musim 2017/2018. Mendy pun didatangkan ke Etihad Stadium. Pihak Manchester City mengonfirmasi kedatangan pemain muda timnas Prancis itu pada 24 Juli 2017. Beberapa sumber melaporkan bahwa gaji Benjamin Mendy di Manchester City mencapai 52 juta pound.

Adapun pemain yang memiliki tinggi 1,85 sentimeter dan berat 85 kilogram ini dikontrak oleh pihak Manchester City hingga 30 Juni 2023 terhitung dari 24 Juli 2017. Nilai transfer Benjamin Mendy yang harus dibayarkan The Citizens adalah sebesar 39,8 juta pound. Itu belum ditambah jika Manchester City menjuarai Premiere League musim ini, karena jika terjadi demikian maka pihak mereka harus mengeluarkan biaya lebih untuk AS Monaco. Mendy menjadi pemain kedua yang didatangkan The Citizen dari AS Monaco setelah seblumnya mereka mendatangkan Bernardo Silva dari tim yang bermarkas di Stadion Louis II itu.

Di bawah asuhan Pep Guardiola, pemain yang juga bisa beroperasi sebagai Left Midfielder ini akan menyusul sesama pemain Prancis yang telah lebih dahulu berseragam biru muda, yaitu Samir Nasri dan Eliaquim Mangala.

Bermain di Premier League sendiri sebenarnya telah menjadi impian Mendy sejak kecil. Ia bahkan telah melakukan segala hal untuk bisa mewujudkan mimpinya itu dan ingin menikmatinya. Mendy berpandangan bahwa Premier League adalah kompetisi terbaik di dunia dengan intensitas yang tinggi dan pola permainan yang menyerang, seperti halnya Manchester City. Meski bermain bersama City menjadi pengalaman pertamanya, akan tetapi ia merasa sangat yakin bisa memberikan kontribusi bagi tim.

Sementara itu di level internasional, sebelum ditarik ke timnas senior Prancis dan mengoleksi 4 penampilan sejauh ini, Benjamin Mendy tercatat pernah masuk dalam skuat Prancis di beberapa level usia, yakni u-16 dan u-17. Ia merupakan bagian timnas Prancis u-17 yang mencapai babak perempat final dalam ajang FIFA U-17 World Cup tahun 2011. Dengan semakin banyaknya stok bek sayap Prancis yang mulai ‘uzur’, tak ayal Mendy digadang-gadang sebagai bek sayap masa depan Les Blues.