Daley Blind pemain Manchester United

Profil Daley Blind, Manchester United

Daley Blind adalah seorang pemain sepakbola profesional yang lahir pada 9 Maret 1990. Ia merupakan seorang pemina sepakbola asal Belanda yang kini membela klub Manchester United sebagai gelandang bertahan, bek kiri, dan bek tengah. Ia juga diketahui bermain di timnas Belanda.

Blind memulai karirnya dengan bergabung bersama Ajax di tim junior. Karirnya terus berlanjut hingga akhirnya ia bertahan dan menjadi pemain senior di klub tersebut. Ia memulai debut pertamanya bertanding bersama Ajax pada musim 2007-08. Walau saat itu ia masih berstatus Junior-B, ia tetap ditempatkan bersama tim senior. Ia lalu menerima promosi untuk bermain bersama tim inti pada musim 2008-09.

Pada 7 Desember 2008, Blind memulai debutnya secara resmi bersama Ajax dalam sebuah laga melawan FC Volendam. Ia lantas memberikan penampilan yang memukau melalui tendangan sudut yang lantas dimanfaatkan oleh Jan Vertonghen untuk mencetak gol bagi Ajax. Pada 19 Desember 2008, Daley Blind menandatangani kontrak kelanjutannya bersama Ajax sampai 30 Juni 2013.

Namun, meski kontraknya dengan Ajax telah diperpanjang, hal ini tidak membuat Blind bertahan di Ajax dalam waktu yang lama. Ia sempat dipinjamkan ke Groningen untuk sisa musim 2009-10 pada bursa transfer musim dingin. Ia hampir dipindahkan secara permanen oleh Ajax dengan nilai transfer sebesar 1.5 miliar euro. Namun hal itu urung dilakukan.

Pada musim 2010-11, Blind akhirnya kembali ke Ajax. Namun, performanya saat itu justru tampak meragukan dan ia hampir didepak dari tim inti Ajax yang berlaga di Liga Eredivise. Mesi begitu, ia tetap bertahan di sana. Pada 23 April 2013, Ajax dan Blind diketahui telah melakukan perjanjian perpanjangan kontrak hingga 2016. Performanya setelah itu menjadi meningkat. Ia bahkan berhasil mempertahankan Ajax berada di posisi teratas dari tabel Eredivise di mana ia berhasil membawa Ajax mengalahkan Willem dengan skor 5-0. Blind pun akhirnya dinobatkan sebagai “Player of the Year” untuk musim 2012-13. Selama musim 2013-14, Blind dipindahkan kembali ke posisi awalnya, yakni gelandang tengah. Ia pun kembali mendapat gelar “Dutch Player of The Year” untuk musim 2013-14 setelah Ajax berhasil memenangkan liga selama 4 tahun berturut-turut.

Ternyata, Ajax tak mampu mempertahankan Blind. Pada 30 Agustus 2014, Daley Blind menandatangani kontrak dengan Manchester United, walau sebenarnye segala negosiasi dan proses perpindahannya baru benar-benar selesai dilakukan pada 1 September 2014 atau 2 hari dari awal negosiasi. Perpindahan Blind ini memiliki nilai sebesar 13.8 juta pound.

Blind memulai debutnya bersama Manchester United 13 hari setelah tanda tangannya. Ia bermain selama 90 menit penuh dalam sebuah pertandingan kandang antara Manchester United melawan Queens Park Ranges di Old Trafford, sebuah pertandingan yang berakhir dengan kemenangan telak bagi MU dengan skor 4-0. Namun, pada 16 November 2014, blind harus keluar dan absen hingga akhir musim 2014-15 dikarenakan cedera ligamen yang dialaminya saat melawan Latvia.

Pada musim berikutnya, yakni 2015-16, Blind mulai bermain sebagai gelandang tengah dan bek kiri. Namun, pada musim itu Blind lebih sering berada di posisi centre-half yang membuka jalan baginya untuk mencetak gol. Ia akhirnya berhasil mencetak gol pertamanya di musim 2015-16 dalam sebuah laga kandang melawan Liverpool. Pertandingan yang dengan kemenangan 3-1 bagi MU itu pun akhirnya membawa nama Daley Blind sebagai “Man of The Match” pada pertandingan itu.

Pada Liga Premier musim 2016-17 daley Blind bermain bersama Chris Smalling. Namun, ia sempat kehilangan posisinya di klub inti. Meski begitu, Blind tetap memperjuangkan posisinya di tim inti, walau bagaimanapun ia tetap gagal, terutama pasca kembalinya Phil Jones dan Marcos Rojo. Ia berakhir sebagai pemain cadangan yang biasanya diturunkan untuk menggantikan Luke Shaw. Namun pada musim itu, ia berhasil mencetak gol pertamanya dalam laga melawan Sunderland melalui umpan dari Zlatan Ibrahimovic.

Selain di Manchester United, ia diketahui bermain dengan cukup baik di timnas Belanda. Ia juga diketahui merupakan assist terbaik untuk Robie van Persie dan Arjen Robben.