Profil David Luiz, Chelsea

profil pemain chelseaDavid Luiz Moreira Marinho alias David Luiz merupakan pesepakbola profesional yang saat ini bermain untuk klub asal Inggris, Chelsea. Selain itu, David Luiz juga merupakan seorang pemain bagi timnas Brazil. Peran utamanya di lapangan hijau adalah sebagai bek tengah, walau ia juga sering bermain di posisi gelandang tengah.

David Luiz memulai karir sepakbolanya saat bergabung bersama klub Vitoria yang berbasis di Salvador, di mana ia memulai karirnya sebagai seorang gelandang bertahan. Meski saat ini David Luiz terkenal sebagai pemain dengan performa yang baik, ia sempat kehilangan posisinya di Vitoria karena performanya yang sangat buruk. Namun, beruntung ia lantas dipindahkan ke posisi bek tengah dan mampu beradaptasi.

David Luiz memulai debutnya bersama Vitoria pada tahun 2006. Saat itu ia bertanding dalam sebuah laga melawan Santa Cruz. Laga tersebut harus berakhir imbang 2-2. Namun, klub tersebut pada akhirnya berhasil dipromosikan ke divisi kedua setelah sempah terpuruk di divisi ketiga. Selama bergabung dengan Vitoria, David Luiz hanya mencetak gol liganya sebanyak satu kali, yakni pada 3 September 2006 dalam sebuah laga kandang melawan Club Atletico do Porto yang berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk Vitoria.

Pada 30 Januari 2007, David Luiz bergabung dengan sebuah klub Portugis, Benfica. Ia berhasil masuk sebagai pemain pinjaman pengganti Ricardo Rocha. David Luiz memulai debutnya bersama Benfica pada turnamen Piala UEFA dalam sebuah laga melawan Paris Saint-Germain di stadion Parc des Princes. Di dalam laga tersebut, ia bersanding dengan Anderson untuk menggantikan Luisao yang cedera. Benfica kalah dalam laga tersebut dengan skor 1-2. Namun, pada pertandingan leg kedua, Benfica berhasil mengunggul agregat menjadi 4-3 dan meraih kemenangan.

Pada 12 Maret 2007, David Luiz pertama kali bermain dalam sebuah laga bersama Benfica melawan Uniao de Leira. Di akhir musim, David Luiz pun menandatangani kontrak selama 5 tahunnya dengan Benfica. Saat itu pula, David Luiz telah bermain sepuluh kali bersama Benfica untuk pertandingan liga. Ia pun bergabung secara resmi dengan biaya transfer sebesar 1,5 juta euro. Pada musim 2009-10, ketika manager Jorge Jesus bergabung bersama Benfica, David Luiz pun menjadi simbol klub sekaligus wakil kapten. Ia telah bertanding sebanyak 49 kali dan mencetak 3 gol.

Setelah beberapa musim bermain untuk Benfica, David Luiz akhirnya pindah dan bermain untuk Chelsea. Biaya transfer seorang David Luiz saat itu diketahui mencapai 25 juta euro dengan kontrak selama 5,5 tahun. Ia memulai debut liganya pada 6 Februari 2011 bersama Chelsea dalam sebuah laga kandang melawan Liverpool. Saat itu ia dimainkan karena harus menggantikan Jose Bosingwa.

Sayang, pertandingan tersebut berakhir dengan kekalahan, walau terbilang sangat tipis yakni 0-1. Delapan hari kemudian, tepatnya tanggal 14 Februari 2011, David Luiz menjadi starter pertama kali untuk Chelsea dalam sebuah laga pertandingan melawan Craven Cottage. Meski pertandingan tersebut berakhir imbang dan David Luiz sempat menyia-nyiakan tendangan penalti pada menit ke 93, David Luiz mendapat apresiasi dari fans Chelsea.

Setelah bermain selama kurang lebih 3 musim, David Luiz mendapatkan sebuah kabar yang kurang menyenangkan. Kabar tersebut berkaitan dengan kontroversi pelanggaran yang dilakukan oleh Rafael dalam laga tandang melawan Manchester United di Old Trafford, 5 Mei 2013. Dalam pelanggaran tersebut, David Luiz diketahui melakukan pelanggaran duluan dengan menyikut Rafael. Namun, ketika Rafael membalasnya, David Luiz nampak tersenyum sambil berpura-pura merasa kesakitan.

Pada 13 Juni 2014, David Luiz pindah ke klub asal Prancis, Paris Saint-Germain dalam sebuah transfer yang bernilai 50 juta pound. Nilai tersebut masuk dalam rekor harga transfer tertinggi di dunia yang pernah dibayarkan untuk seorang gelandang. Selama bergabung dengan Paris Saint-Germain, David Luiz ikut andil dalm kemenangan klub tersebut di berbagai kejuaraan, seperti  Ligue 1 championship, Coupe de France, dan Coupe de la Ligue, sebagai tambahan untuk Trophée des Champions.

Hanya bermain selama 2 musim, David Luiz akhirnya bergabung kembali dengan Chelsea dengan nilai transfer sebesar 34 juta pound pada 31 Agustus 2016. Ia menandatangani kontrak selama 3 tahun sehingga saat ini David Luiz masih berada di Chelsea.