pemain ac milan Keisuke Honda

Profil Keisuke Honda, AC Milan

Keisuke Honda lahir pada 13 Juni 1986, adalah seorang pemain sepakbola profesional yang saat ini membela klub Serie A, AC Milan. Selain itu, Keisuke Honda juga bermain untuk timnas Jepang. Ia sering bermain sebagai gelandang penyerang. Namun, ia juga dapat ditempatkan di posisi sayap kanan. Ia juga diketahui memiliki skill yang baik dalam hal kekuatan, kecepatan, serta kreativitas bermain yang bagus.

Lahir dan besar di Osaka, Honda terlibat dalam permainan sepakbola lokal. Ia bergabung dengan Gamba Osaka. Namun, ia tidak mendapatkan promosi sebagai tim muda. Setelah lulus sekolah menengah, Honda memulai karir profesionalnya pada tahun 2004 dalam J1 League bergabung bersama Nagoya Grampus.

Pada 16 Januari 2008, Honda menandatangani kontrak 2 tahun setengahnya bersama dengan klub Eredivise, VVV-Venlo. Bersama dengan VVV, ia berhasil mendapatkan posisi di tim inti. Ia bahkan bermain dengan cukup baik hingga mendapat julukan Keizer Keisuke (Kaisar Keisuke) yang diberikan oleh fansnya.

Pada akhir Desember 2009, Honda pindah ke klub Rusia, CSKA Moscow. Ia menandatangani kontrak selama 4 tahun dengan klub tersebut. Nilai transfer Honda saat itu sebenarnya merupakan nilai yang dirahasiakan, namun pihak VVV mengatakan bahwa nilai yang ditawarkan CSKA Moscow hampir sesuai dengan ekspektasi mereka. Nilai tersebut lantas diduga oleh berbagai pihak sebesar kurang lebih 6 euro.

Honda memulai debutnya bersama CSKA pada Liga Champion UEFA melawan Sevilla. Pada leg kedua pertandingan, Honda mencetak gol melalui tendangan bebas yang dieksekusi dengan cukup baik. Sebelum gol tersebut dibuatnya, Honda juga menjadi assist untuk gol Tomas Necid. Gol yang diciptakan Honda lantas menjadi gol penyelamat karena skor yang dihasilkan adalah 2-1 (dengan agregat 3-2) sehingga kemenangan menjadi milik CSKA. Lalu, Honda juga diketahui mencetak gol berikutnya dalam pertandingan melawan Amkar Perm di kandang CSKA.

Dalam pertandingan berikutnya, yakni melawan Krylia Sovetov, ia mencetak 2 gol pada paruh pertama sehingga pertandingan akhirnya berakhir dengan skor 3-0 dengan kemenangan di pihak CSKA. Kemudian, pada 13 Juli 2013, Honda mencetak gol pertama dan ketiga untuk CSKA dalam sebuah pertandingan di Russian Super Cup melawan klub Zenit di Rostov. Pada musim panas 2013, Honda memasuki 6 bulan terakhir kontraknya dengan CSKA dan ia dibebaskan untuk bicara dengan klub-klub lainnya pada bursa transfer saat itu.

Pada 27 Oktober 2013, managet AC Milan Massimiliano Allegri mengumumkan bahwa Honda akan bergabung bersama Milan dalam sebuah transfer tanpa biaya. Honda pun dikontrak selama 4 tahun hingga Juni 2017. Kontrak tersebut resmi terjalin pada 4 Januari 2014. Honda segera memulai debutnya bersama Milan 8 hari kemudian, tepatnya tanggal 12 Januari 2014, di mana saat itu Honda bermain sebagai pemain pengganti untuk Robinho dalam sebuah pertandingan melawan Sassuolo.

Lalu 3 hari kemudian, Honda memulai debutnya secara penuh dalam pertandingan perempat final Coppa Italia melawan Spezia. Walau sempat mencetak gol pada laga Genoa-Milan, kontribusinya kepada AC Milan pada sisa musim tahun itu tampaknya mengecewakan. Honda bahkan membuat pernyataan yang berbunyi “itu bukanlah aku”.

Pada 31 Agustus 2014, Honda mencetak gol untuk Milan dalam sebuah laga melawan Lazio. Gol tersebut merupakan gol pertama bagi Milan pada musim tersebut. Honda lantas kembali meningkatkan performanya dan segera mencetak gol kedua pada pertandingan melawan Parma, 14 September 2014. Selain mencetak gol, Honda juga berperan sebagai assist pada pertandingan tersebut. Lalu, pada pertandingan berikutnya melawan Empoli, Honda juga mencetak gol dari batas kotak penalti. Gol tersebut menjadi penyelamat Milan yang akhirnya mendapatkan skor imbang 2-2 melawan Empoli.

Terakhir, pada 21 Mei 2017, gol yang dicetak oleh Honda melalui tendangan bebas dalam laga melawan Bologna membuat Milan memenangkan laga tersebut. Kemenangan itu akhirnya menjamin Milan untuk mendapatkan tiket emas menuju kejuaraan yang cukup bergengsi yakni Liga Eropa. Tiket menuju Liga Eropa ini akhirnya didapatkan kembali oleh AC Milan sejak terakhir kali mereka mendapatkannya, yakni pada musim 2013-14.